Langsung ke konten utama

Cara Bertani Buah Naga Dragon Fruits Intensif, Efisien dan Produktif Vietnam


Buah naga banyak dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Indonesia Taiwan Vietnam Filipina dan Malaysia. Buah Naga ini dikenal dengan nama pitaya di  negara asalnya Meksiko, namun kini lebih  umum dikenal dengan nama dragon fruit. 

Suhu dan Tanah yang Sesuai

Secara umum buah naga dapat tumbuh  dengan baik di daerah kering dan berpasir dengan kandungan bahan organik  yang tinggi. Suhu rata-rata yang disarankan untuk  tanaman ini berkisar 20 hingga 30 derajat Celcius dengan suhu maksimal 38 hingga 40 derajat Celcius.  Buah naga akan tumbuh optimal di daerah  dengan ketinggian hingga 800 meter  diatas permukaan laut Serta memiliki keasaman tanah pada pH enam hingga tujuh dengan cukup mendapat  sinar matahari. 

Pembudidayaan dengan Cara Vegetatif

Cara memperbanyak tanaman buah naga secara umum dilakukan secara vegetatif dengan  menggunakan stek. pertama petani akan memilih bibit yang  berasal dari cabang tanaman yang cukup  tua dan sudah pernah berbuah. Batang pohon buah naga akan dipotong  antara 20 hingga 30 cm kemudian potongan cabang disemai pada  bedengan pembibitan  bila perakaran sudah kuat dan Tunas  telah tumbuh dengan baik sekitar 50 cm bibit sudah siap ditanam


Tanaman buah naga merupakan tanaman yang membutuhkan tiang panjat tiang panjat. Tiang yang digunakan dapat berupa kayu atau tiang beton. Prinsipnya tiang panjat yang  digunakan haruslah kokoh kuat dan tahan lama.  Setelah tiang beton berdiri dengan kokoh pada bagian atas tiang dipasang  penyangga berbentuk lingkaran atau kotak penyangga ini digunakan untuk menahan cabang-cabang tanaman.

Pengaturan Jarak Tanam, Irigasi dan Pengairan

Irigasi  untuk mengatur pengairannya beberapa  petani menggunakan irigasi semprot yang  terbentang di sepanjang kerangka tiang  panjat. Namun ada juga beberapa petani yang lebih memilih untuk membuat parit diantara barisan tiang untuk memastikan kebutuhan air secara konsisten sepanjang  tahun. 

Hal ini dipengaruhi oleh sumber  air dan lingkungan tanam. Penanaman buah naga dapat dilakukan  apabila tiang panjat maupun bibit sudah siap. Jarak tanam yang digunakan adalah ukuran  dua meter kali dua setengah meter. 

Setiap tiang panjat dapat ditanam dua hingga empat bibit tanaman penanaman bibit dimulai ketika Petani membuat lubang dengan kedalaman 20  hingga 30 cm yang kemudian diisi dengan pupuk kandang  yang dicampur dengan tanah satu banding satu kemudian bibit tanaman ditimbun dan  diikat dengan tiang panjat  sehingga bibit bisa tumbuh dengan  optimal. 

Pemupukan dan Jenis Pupuk

Selama masa pertumbuhannya bibit tanaman  buah naga memerlukan perawatan semacam  pemupukan pemangkasan dan penyemprotan  Hai pemupukan pada tanaman buah naga  disesuaikan dengan kondisi kesuburan  tanah umur tanaman dan fase perkembangan  selama fase vegetatif bibit tanaman  diberikan pupuk NPK sebanyak 50 hingga  100 gram pada setiap tiang dengan  interval 4-5 Minggu.

Setelah tanaman mulai berbunga petani  akan memberikan pupuk tambahan fosfat  dan kalsium yang lebih tinggi ditambah  dengan unsur mikro. Sementara itu, untuk menjamin kesuburan tanah jangka  panjang petani juga akan  mengkoordinasikan dengan pupuk kandang  yang diberikan setiap tiga hingga empat  bulan sebanyak 10 hingga 20 kg per tiang  tanam

Pemangkasan Tunas dan Batang Rusak

Perawatan selanjutnya adalah pemangkasan  pemangkasan tanaman dilakukan pada  batang utama setelah ketinggiannya  melebihi tinggi tiang  pemangkasan ini bertujuan untuk  memunculkan cabang-cabang sekunder dan  untuk memperbanyak batang produksi Selain itu pemangkasan juga dilakukan  pada cabang tanaman yang rusak sakit dan  juga yang pertumbuhannya tidak normal

Pengendalian Hama

Perawatan selanjutnya yang dilakukan  oleh petani adalah pengendalian hama dan  penyakit pada tanaman buah naga.  Hama utama yang sering  menyerang tanaman buah naga diantaranya  adalah hama cuti kutu daun dan semut.  

Hama dari kutu putih dan kutu daun  biasanya muncul karena area bakal buah  yang tidak terkena sinar matahari. Sehingga petani dapat memastikan bagian  tanaman terkena sinar matahari secara  langsung.

Sedangkan beberapa serangan lain seperti  munculnya gejala kekuningan pada pangkal  batang  biasanya petani akan melakukan  penyemprotan pada seluruh batang dan  diutamakan pada pangkal batang yang  terserang.

Masa Musim Panen Buah Naga

Tanaman buah naga mulai berbunga dan  berbuah pertama kali pada umur delapan  hingga 10 bulan. Setelah bunga tanaman buah naga akan Mekar  maksimal pada malam hari.  Keunikan bunga buah naga adalah posisi  kepala putik lebih tinggi dibanding  benangsari.  

Proses penyerbukan pada bunga buah naga  terjadi ketika serbuk sari dan putik  bertemu  secara alami penyerbukan biasanya  dibantu oleh serangga  namun untuk meningkatkan keberhasilan  penyerbukan buah naga penyerbukannya  juga dapat dibantu oleh manusia.

Musim panen panen buah naga  dilakukan pada buah yang memiliki ciri  warna kulit merah mengkilap  sisik berubah warna dari hijau menjadi  kemerahan panen dapat dilakukan pada 30 hingga 40  hari setelah munculnya bunga.

Memaksimalkan Masa Panen Setahun Penuh

Buah naga adalah tanaman musiman yang  berbuah satu kali dalam satu tahun yaitu  sekitar bulan November hingga Desember. Namun setelah hasil penelitian  mempublikasikan bahwa ketersediaan  cahaya yang cukup membantu fotosintesis buah naga untuk menghasilkan buah.  

Proses penerangan ini menghasilkan pemandangan yang luar  biasa di malam hari di kebun kebun buah  naga. di Vietnam petani memasang dan menggunakan lampu di  setiap tiang panjat untuk menyediakan  cahaya secara terus-menerus untuk  membantu tanaman buah naga dapat  menjalani proses fotosintesis selama  24jam.  

Hal inilah yang membuat buah naga dapat  diatur musim panennya dan dapat berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musim.  Kini para peneliti terus mengembangkan  lampu yang ideal dengan mengatur  komposisi warna dan juga daya lampu yang paling ideal untuk tanaman buah naga.

Cara untuk memudahkan proses panen buah naga  petani akan menggunakan gunting yang  digunakan untuk memotong bagian tangkai  buah  umur produktif Taman Buah naga berkisar  15 hingga 20 tahun  selanjutnya hasil panen akan disortir  berdasarkan ukuran dan bentuk buah naga  untuk selanjutnya dilabeli dan dikemasi  untuk didistribusikan ke konsumen di seluruh Dunia

PeluangSukses.Com

5 Rekomendasi Private Pool Villa di Sekitar Purwokerto Tarif Mulai dari Perjam Hingga Perhari

6 Korean Movies With Historical Themes Insert Uncensored Sex Scenes

Antara Prestasi Anies dan Prestasi Bank DKI

10 AutoSurf Traffic Exchange Pertukaran Lalu Lintas Terbaik

Sederet Artis Nikah Tanpa Restu Orang Tua hingga ada yang Pilih MURTAD atau MUALAF

20 Kata Yang Orang Tua Harus Ucapkan Ke Anak Sedari Kecil

Siapa Saja Mereka? Pasangan Selebritis Beda Agama Jalani Puasa Ramadhan Bersama

TAK TAHAN MENJANDA ARTIS CANTIK PUNYA BANYAK MANTAN SUAMI! Siapa saja mereka?

8 Situs Penyedia Iklan Crypto Selain Google Adsense Untuk Blog Publishers

NASIB MIRIS Sederet Artis Ini Bangkrut Seketika Salah Kelola Honor

Support : Copyright © 2019. Peluang Sukses - Informasi Usaha, Bisnis dan Gaya Hidup - All Rights Reserved