Langsung ke konten utama

Cara Melacak Traffic Website Sendiri Dengan Google Analytics

Cara Melacak Traffic Website Menggunakan Google Analytics
Cara Melacak Traffic Website Menggunakan Google Analytics

PeluangSukses.Com Apakah Anda ingin menggunakan Google Analytics untuk melacak lalu lintas situs web? Anda dapat menemukan semua jenis data dengan melacak lalu lintas situs web menggunakan Google Analytics. Bagaimana pengunjung menemukan situs web Anda, waktu yang mereka habiskan di situs web Anda, dan halaman yang mereka lihat.

Mengetahui bagaimana pengunjung Anda menemukan Anda, seperti pencarian Google, media sosial, dan saluran lainnya, dapat membantu Anda membuat keputusan yang kuat yang dapat membantu mengarahkan lalu lintas.

Manfaatkan kesempatan ini untuk menghubungkan blog Anda ke Google Analytics secara gratis dan temukan sedikit cara untuk melacak lalu lintas di situs web Anda. Hal ini tentunya lebih efisien dibandingkan analisa lain yang membutuhkan penggunaan kartu kredit.

Mengapa Harus Mengetahui Sumber Trafik?

Sebagai seorang pemasar, ada banyak keuntungan untuk memahami pengunjung situs anda sebagai aset situs Anda. Berikut adalah beberapa sebab untuk mengatur ulang analisa anda pada pengunjung situs:

  • Memahami Pengunjung Anda dengan Lebih Baik - Melacak aset pengunjung memungkinkan Anda mengidentifikasi pengunjung situs Anda dan saluran mana yang mereka gunakan, sehingga Anda dapat lebih memahami dan memberikan pesan terpusat
  • Kampanye Pemasaran Anda – Jika kampanye pemasaran dibuat untuk menekan pengunjung, Anda dapat meningkatkan efektivitasnya melalui cara memantau aset pengunjung eksklusif
  • Fokus pada Saluran untuk Hasil Terbaik – Dengan mencari tahu saluran mana yang berkualitas tinggi untuk mendapatkan pengunjung situs di situs Anda, Anda dapat mengenali saluran yang lebih baik untuk hasil yang lebih tinggi
  • Temukan Topik Konten Baru – Orang-orang dari saluran eksklusif dapat tertarik dengan topik tertentu, sehingga Anda dapat menemukan pemikiran materi konten baru melalui cara memeriksa aset pengunjung Anda untuk setiap halaman
  • Identifikasi Kesenjangan Lalu Lintas di Situs Anda – Anda dapat melihat saluran mana yang tidak sesuai untuk menarik pengunjung situs, sehingga Anda dapat mengoptimalkannya

Cara Melihat google analytics

Cara terbaik untuk melihat kata kunci mana yang memberi Anda lalu lintas organik, Anda dapat melakukan pencarian kata kunci dan menemukan istilah pencarian serupa untuk dioptimalkan di situs Anda. Anda bahkan dapat menggunakannya untuk mencoba ide konten baru untuk meningkatkan lalu lintas organik Anda. 

Jika Anda ingin melihat dari mana lalu lintas berasal, anda bisa memulai dengan Google Analytics. Ada banyak laporan yang dapat Anda gunakan untuk melacak sumber lalu lintas situs web tapi karena itu, sangat beragam tentu itu bisa membuat anda mudah tersesat pada angka dan kata yang membingungkan. Untuk membantu Anda menemukan data yang penting, Anda dapat memulai dengan masuk ke akun Google Analytics Anda.

Pertama, masuk ke akun Google Analytics Anda: https://www.google.co.id/analytics/

Google Analytics Gratis 

Ini adalah alat utama untuk mengukur dan memeriksa lalu lintas situs web dari waktu ke waktu. Ini adalah alat pemeriksa lalu lintas situs web gratis yang disediakan oleh Google dan merupakan salah satu area utama bagi konsultan SEO mana pun untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan tentang lalu lintas situs web. Setelah Anda memahami dasar-dasarnya, Anda juga dapat mulai bermain dengan perangkat lunak.

(Untuk tujuan memberikan contoh di screengrabs, kami telah menggunakan situs yang belum tayang dan memiliki izin dari pemiliknya untuk membagikan data)

  • Tampilan Halaman, Tampilan Halaman Unik, dan Sesi memberi tahu Anda

Ada beberapa metrik berbeda yang dikumpulkan Google, masing-masing memiliki arti yang sedikit berbeda. Penting untuk memahami perbedaannya.

  • Apa itu 'Tampilan Halaman' di Google Analytics?

Tampilan halaman dihitung setiap kali ada kunjungan ke salah satu halaman Anda.

  • Apa yang dimaksud dengan 'Tampilan Halaman Unik' di Google Analytics?

Ini dipicu setiap kali ada kunjungan ke salah satu halaman Anda, tetapi setiap pengguna hanya dihitung sekali meskipun mereka mengunjungi halaman yang sama beberapa kali dalam sesi yang sama.

Apa itu 'Sesi' di Google Analytics?

Satu sesi berarti pengguna telah memasuki situs Anda. Itu tidak terpengaruh oleh berapa banyak halaman yang dikunjungi pengguna – itu akan tetap dihitung sebagai sesi yang sama. Jika pengguna meninggalkan situs Anda atau menganggur selama 30 menit, sesi berakhir. Jadi, jika pengguna kembali malam itu untuk melihat situs Anda lagi, mereka akan memulai sesi baru.

Saat pertama kali masuk ke Google Analytics, Anda akan disuguhkan dengan tab Audiens > Ikhtisar . Grafik di sini menunjukkan kepada Anda berapa banyak Sesi yang telah diselesaikan di situs web Anda secara keseluruhan.

Anda juga akan disajikan dengan informasi termasuk Sesi, Pengguna, Tampilan Halaman, Halaman/Sesi (halaman per sesi), Rata-rata. Durasi Sesi dan Rasio Pentalan di bawah grafik. Ini semua adalah metrik yang menarik untuk dilihat. Dalam tampilan ini, angka-angka ini adalah rata-rata yang diambil dari cara pengguna berinteraksi dengan seluruh situs Anda.

TIPS – Anda dapat menggulir setiap judul ini untuk mengetahui artinya secara lebih rinci. Misalnya, pada tangkapan layar di bawah ini, saya menggunakan mouse untuk menggulir ke judul "Sesi" dan menerima penjelasan tentang apa yang ditampilkan metrik tersebut.

Layar Mulai Google Analytics

Itu sedikit informasi mengingat semua yang telah Anda lakukan adalah masuk ke Google Analytics dan memilih halaman pertama. Jadi mari kita lihat apa lagi yang bisa Anda temukan dalam tampilan ini.

Google Analytics – Cara Mengubah Rentang Tanggal

Mengubah rentang tanggal mudah dilakukan dengan mengklik tanggal di sudut kanan atas. Anda dapat mengubahnya ke "30 hari terakhir", "7 hari terakhir" atau memilih satu hari atau bulan sebanyak yang Anda suka dengan pilihan khusus. Ingatlah bahwa jika Anda mengubah rentang tanggal menjadi kecil atau sangat besar, itu akan mengubah tampilan grafik Anda. Pada kesempatan kali ini, seperti pada video di bawah ini, Anda dapat mengubah tampilan grafik dari Hourly, Daily, Weekly atau Monthly. Ini memungkinkan Anda untuk melihat tren dari waktu ke waktu.

Video juga menunjukkan cara mengubah antara berbagai jenis metrik seperti Sesi dan Tayangan Laman sehingga Anda dapat melihatnya dalam grafik selama jangka waktu yang Anda tentukan.

Rentang Tanggal Google Analytics

TIPS – Apakah Anda telah membuat perubahan apa pun pada situs web Anda yang dapat memengaruhi tren dalam grafik ini? Mungkin blog baru atau perubahan konten di halaman beranda Anda telah menghasilkan lebih banyak tampilan halaman?

Google Analytics – Performa Halaman Individual

Untuk menelusuri lebih jauh ke dalam data Anda, Anda mungkin ingin mempelajari halaman atau artikel mana yang paling populer. Anda biasanya akan melihat metrik seperti Tampilan Halaman, Waktu Rata-Rata di Halaman, dan Rasio Pentalan.

Rata-rata Time on Page – Ini memberi tahu Anda berapa lama rata-rata pengguna menghabiskan di halaman Anda. Jika Anda memiliki artikel yang panjangnya sekitar satu halaman (500 kata atau lebih), mungkin perlu satu atau dua menit untuk membacanya. Jika waktu rata-rata Anda pada panjang halaman adalah sekitar waktu membaca, maka ini menunjukkan bahwa audiens Anda membaca seluruh halaman, yang biasanya merupakan kabar baik.

Rasio Pentalan – Metrik ini perlu dipertimbangkan dengan cermat. Jika pengguna “memantul” dari halaman, itu berarti mereka telah membuka halaman dan kemudian meninggalkan browser. Jadi persentase rasio pentalan yang rendah atau tinggi dapat berarti salah satu dari dua hal; apakah audiens Anda telah mendapatkan informasi yang mereka butuhkan, dan karenanya merasa puas; atau itu berarti bahwa mereka tidak mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dan telah pergi dari situs web Anda.

Anda dapat melihat metrik pada halaman individual Anda dalam tab Perilaku > Konten Situs di sisi kiri.

Rasio pentalan memengaruhi peringkat Anda

Tidak ada rasio pentalan yang ideal. Rasio pentalan ideal Anda sepenuhnya bergantung pada sasaran Anda untuk situs web. Jika Anda seorang blogger informasi, Anda mungkin senang dengan orang-orang yang hanya membaca konten Anda (berdasarkan Tampilan Halaman Unik yang tinggi, Waktu Rata-Rata di Halaman yang tinggi, dan mungkin jumlah share sosial), jadi rasio pentalan kurang penting. Namun, jika Anda menggunakan situs web Anda untuk menghasilkan pendapatan, mungkin melalui formulir pertanyaan atau melalui penjualan produk melalui toko online Anda, Anda mungkin ingin halaman layanan dan produk Anda memiliki rasio pentalan yang lebih rendah. Ini akan menunjukkan bahwa pengguna Anda mengklik ke halaman “Beli sekarang” atau “Daftar di sini”.

Google Analytics – Cara mengetahui dari mana lalu lintas Anda berasal

Salah satu informasi yang paling berguna untuk mencari tahu adalah dari mana lalu lintas Anda berasal. Ada beberapa cara untuk mengetahui informasi ini. Setiap metode menyediakan data yang sedikit berbeda, tetapi metode termudah adalah menggunakan bagian Akuisisi > Sumber/Media .

Dengan menggunakan Sumber/Media, akan dapat mengetahui pengguna mana yang menemukan situs web Anda melalui pencarian Google, melalui iklan berbayar Anda (jika ada), melalui situs web lain, atau melalui akun Media Sosial tempat Anda memposting.

Dengan menggunakan kode pelacakan UTM , Anda dapat mempelajari dengan tepat kampanye pemasaran mana yang memberikan ROI terbaik.

Sumber memiliki beberapa aturan umum yang akan disiapkan untuk membedakan statistik rujukan saluran. Setiap saluran yang berbeda memiliki tag yang berbeda untuk membantu Anda menemukan dari mana lalu lintas situs web Anda berasal. 

Berikut ada beberapa Penjelasan.

  • “BPK” kemungkinan merupakan sumber berbayar melalui AdWords – yaitu, “google / cpc”
  • “Organik” atau “Google Rujukan” kemungkinan besar melalui hasil penelusuran Google yang tidak berbayar – yaitu, “google / organik”
  • “Facebook” atau “t.co” yang akan menyertakan referensi Facebook dan Twitter – yaitu, “facebook.com / referral” atau “t.co / referral”
  • Jika ada alamat situs web di Sumber/Media, itu akan menjadi situs web yang merujuk Anda lalu lintas – yaitu, “en.wikipedia.org / referral”
Referensi ***

PeluangSukses.Com

5 Rekomendasi Private Pool Villa di Sekitar Purwokerto Tarif Mulai dari Perjam Hingga Perhari

6 Korean Movies With Historical Themes Insert Uncensored Sex Scenes

8 Situs Penyedia Iklan Crypto Selain Google Adsense Untuk Blog Publishers

10 AutoSurf Traffic Exchange Pertukaran Lalu Lintas Terbaik

Monetisasi Blog Dengan Iklan Native Ads 40 Terbaik Publishers Advertiser

Warung Makan Putri Gunung Baturaden ! Cerita Keluarga

10 Tempat Wisata Malam Purwokerto Bersama Pasangan atau Keluarga

Antara Prestasi Anies dan Prestasi Bank DKI

Kemenangan dan Kekalahan Politik Identitas di 2017 DKI Jakarta

5 Cara Tetap Sejuk di Cuaca Panas Tanpa AC Rumah

Support : Copyright © 2019. Peluang Sukses - Informasi Usaha, Bisnis dan Gaya Hidup - All Rights Reserved