Langsung ke konten utama

5 Cara Mudah Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat

5 Cara Mudah Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat
Avocado atau Alpukat

PeluangSukses.Com Jika dibiarkan, Anda perlu menyadari bahwa kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Kabar baiknya adalah bahwa perubahan gaya hidup dapat mengontrol kadar kolesterol tinggi. "Ketika Anda mengubah gaya hidup Anda, semuanya mulai berubah, dan peningkatan (kesehatan) Anda terlihat pada minggu ke-6 dan meningkat pada bulan ke-3," dikutip dari WebMD, DO ahli jantung Suzanne Steinbaum.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menurunkan kolesterol dengan cepat.

1. Lebih Banyak Tertawa

Cara pertama dan termurah untuk menurunkan kolesterol jahat adalah dengan banyak tertawa. Anda dapat melakukan aktivitas yang menyenangkan untuk bersantai dan membuat tubuh Anda tetap bahagia.

2. Konsumsi Rempah-rempah

Berbagai jenis rempah-rempah seperti kunyit, jahe, lada hitam, ketumbar dan kayu manis efektif menurunkan kadar kolesterol. Menurut Studi, mengkonsumsi setengah siung bawang putih sehari dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 9%.

3. Konsumsi Serat Makanan

Anda perlu makan makanan kaya serat seperti tepung, apel, plum, dan kacang-kacangan. Menurut penelitian, orang yang mengonsumsi 510 gram serat per hari dapat menurunkan kolesterol jahat.

Serat membuat Anda kenyang lebih lama.  Namun, jangan overdosis serat. Ini dapat menyebabkan kram perut dan gas.

4. Konsumsi Alpukat 

Menurut Avocado American Heart Association, alpukat membantu tubuh menurunkan LDL (low density lipoprotein) atau kolesterol jahat.

Alpukat juga merupakan sumber MUFA (Lemak Tak Jenuh) dan dapat menurunkan kadar LDL bila dikonsumsi dalam jumlah sedang. 

5. Konsumsi Ikan

Anda harus mulai makan ikan 2-4 kali seminggu. "Selain asam lemak omega 3, ikan dapat menurunkan kolesterol dengan mengurangi asupan lemak jenuh, yang berlimpah dalam daging tanpa lemak," kata Samarn.

Jenis ikan yang baik untuk dimakan antara lain salmon, sarden, dan tuna sirip biru. Ikan tidak boleh digoreng. 

6. Gunakan minyak zaitun 

Apakah Anda terbiasa memasak sesuatu dengan mentega? Sebaiknya ganti mentega dengan minyak zaitun.

Pengunaan minyak zaitun dapat menurunkan kolesterol jahat hingga 15% jika dibandingkan dengan mentega. Cara ini seperti menurunkan dosis tinggi obat dengan dosis rendah untuk kebaikan tubuh” kata Samaan. Minyak zaitun extra virgin dengan sedikit pemrosesan dan lebih banyak antioksidan dapat digunakan.

7. Makan Kacang

Kacang cocok untuk penderita hiperkolesterolemia. Hal ini karena kacang mengandung sterol yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Namun, kacang sangat tinggi kalori, jadi jangan makan terlalu banyak.

8. Manajemen Stres

Anda sedang belajar mengatasi stres. Ada banyak cara untuk mengurangi atau menghilangkan stres. Dengan kata lain, nikmati olahraga dan aktivitas yang menyenangkan. Seperti yang Anda ketahui, stres dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda.

9. Menurunkan Berat Badan

Anda tidak perlu menurunkan berat badan terlalu banyak untuk menurunkan kolesterol. Jika Anda kelebihan berat badan, Anda hanya akan kehilangan sekitar 5 kg. Nilai ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 8%.

Anda tidak perlu terburu-buru untuk menurunkan berat badan. Idealnya, Anda harus kehilangan 500 gram hingga 1 kg per minggu.

National Heart and Lung Under Blood Institute menyatakan bahwa wanita gemuk umumnya membutuhkan 1.000 hingga 1.200 kalori per hari untuk menurunkan berat badan. 

10. Berhenti merokok

Dalam sebuah penelitian, orang yang berhenti merokok mengalami peningkatan kolesterol baik sekitar 5% per tahun. Perlu Anda ketahui bahwa menghirup asap rokok setiap hari dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat.

Merokok dapat mendongkrak LDL lebih tinggi dan itu juga justru menurunkan HDL maka berhenti merokok secara total seringkali meningkatkan angka tersebut,” kata Samaan. 

11. Jangan konsumsi lemak trans

Hindari makanan yang mengandung lemak trans. Lemak trans biasa ditemukan pada makanan yang digoreng, makanan yang dipanggang, pizza beku, kue kering, dan margarin.

12. Tetap aktif

Anda harus mulai berolahraga setidaknya 2,5 jam seminggu secara teratur. Seperti yang Anda ketahui, olahraga baik untuk meningkatkan kadar kolesterol dan trigliserida.*

PeluangSukses.Com

20 Kata Yang Orang Tua Harus Ucapkan Ke Anak Sedari Kecil

Menghitung Keuntungan Budidaya Ikan Lele

5 Cara Tetap Sejuk di Cuaca Panas Tanpa AC Rumah

Antara Prestasi Anies dan Prestasi Bank DKI

Sederet Artis Nikah Tanpa Restu Orang Tua hingga ada yang Pilih MURTAD atau MUALAF

Anies dipanggil KPK ! Siasat Licik Jegal Lawan Politik 2024 ! Jokowi Megawati Prabowo Anies Baswedan

5 Contoh Kekuatan Makeup Riasan Sangat Senang Dengan Hasilnya

KAMPUNG SUSUN ALA ANIES & RUSUN ALA AHOK BEDA

TAK TAHAN MENJANDA ARTIS CANTIK PUNYA BANYAK MANTAN SUAMI! Siapa saja mereka?

5 Cara Ampuh Usir Semut di Toples Gula dan Makanan Manis Lainnya

Support : Copyright © 2019. PeluangSukses.Com - Informasi Usaha, Bisnis dan Gaya Hidup - All Rights Reserved