Langsung ke konten utama

5 Pengobatan Terapi Herbal Penderita Diabetes Ramuan Dari Alam

5 Pengobatan Terapi Herbal Penderita Diabetes Ramuan Dari Alam
Kulit Kayu Manis

Ada dua jenis diabetes yang perlu diketahui nih buat sobat sukses, pertama tipe 1 dan tipe 2. Dapat dijelaskan jika tipe 1 penderita mengalami gangguan pada pangkreasnya, sehingga pangkreas sulit bahkan tidak sama sekali mampu memproduksi insulin. Sedangkan tipe 2 meskipun mampu memproduksi hormon insulin tapi tubuh kurang sensitif terhadap adanya hormon insulin itu sendiri.

Nah, ternyata penderita diabetes tipe 1 membutuhkan suntikan insulin secara teratur untuk mengontrol kadar gula tubuhnya. Orang dengan diabetes tipe 2, di sisi lain, dapat diobati lebih awal dengan pengobatan dan terapi herbal, dengan atau tanpa pengawasan medis. Kali ini saya akan menjelaskan 5 cara  pengobatan alami untuk penderita diabetes tipe 2. Lihat daftar pertama di bawah ini!

5 Pengobatan Terapi Herbal Penderita Diabetes Ramuan Dari Alam
5 Pengobatan Terapi Herbal Penderita Diabetes Ramuan Dari Alam 

1. Terapi Duwet

Duwet atau buah jamblang telah lama digunakan oleh penduduk asli india sebagai obat alami dan obat diabetes. Menurut dr H. Arief Hariana, duwet mengandung tanin yang dapat menurunkan kadar gula darah dan memiliki sifat anti diabetes. Cara pengolahannya sangat sederhana. Cuci 15 biji duwe kering, haluskan dan rebus dalam air mendidih. Minum air rebusan 3 kali sehari untuk menikmati efeknya. 

2. Kayu Manis

Menurut Journal of Diabetes Care and Agricultural Research Magazine, kayu manis telah terbukti menjadi obat alami yang sangat berguna untuk penderita diabetes tipe 2. Menurut penelitian jurnal, kayu manis sangat bermanfaat dalam menurunkan kadar gula darah dan kolesterol. 

Dari penelitian ini, mengonsumsi 1 gram kayu manis setiap hari tampaknya membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan menyembuhkan gejala diabetes, karena dapat menahan lonjakan glukosa darah postprandial. 

Luar biasa! Meski demikian, ada aturan dan cara khusus untuk meracik kayu manis sebagai pengobatan alami diabetes. Bagaimana? Siapkan dua batang kayu manis, masing-masing sepanjang 5 cm. Kemudian rebus dalam 200 ml air panas hingga hangat. Minum air rebusan kayu manis dua kali sehari untuk efektif menurunkan kadar gula darah dalam tubuh Anda.

3. Ciplukan

Daftar berikutnya adalah buah ciplukan yang sering Anda temui di tepi sungai dan taman kota. Ciplukan biasanya asli di Indonesia dan banyak orang menanamnya untuk menikmati manfaatnya. Menurut buku Dr. H. Arief Hariana 262 Tanaman Obat dan Khasiatnya, Ciplukan sangat murah dan mudah dibudidayakan serta dinikmati manfaatnya. Apa saja manfaat dari Ciplukan? Buah ciplukan kuning matang mengandung asam malat, alkaloid, tanin, cryptoxanthins dan vitamin C yang sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. 

Selain itu, akar dan batang buah juga mengandung saponin yang membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Jadi bagaimana Anda menanganinya? Siapkan satu tanaman Ciplukan utuh dengan buah yang matang. Bersihkan tanaman dari akar, batang, daun hingga buah dan biarkan hingga layu. Jika tanaman sudah layu, rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih, airnya tinggal 1 gelas. Setelah itu, minum air rebusan Ciplukan hanya sekali sehari.

Tapi ingat, pastikan buah matang matang. Saat belum matang dan masih berwarna hijau, buah ini justru mengandung racun yang bisa menyebabkan kram, diare, bahkan kerusakan jantung. Jadi tunggu buahnya sampai berubah menjadi emas! 

4. Daun Kelor

Berikut daftar obat alami daun kelor yang sudah terkenal di dunia herbal. Itu juga bisa tumbuh di tanah yang tidak subur. Tak sedikit orang yang memanfaatkan daun kelor sebagai bahan masakan, obat tradisional, atau suplemen makanan. Sebenarnya apa saja sih manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh? Daun kelor memiliki sifat anti diabetes dan mengandung beta karoten, tiamin, riboflavin, kalsium, vitamin C, karbohidrat, zat besi, magnesium, fosfor, kalium dan seng. 

Efektif dalam mengobati diabetes tipe 2. Perawatannya sangat sederhana, siapkan sekitar 5 gram daun kelor dan cuci bersih tanpa diperas. Kemudian rebus dengan 3 gelas air dan tunggu sampai menyusut menjadi 1 gelas. Selanjutnya, minum air rebusan daun kelor. Perlu diketahui bahwa daun kelor memiliki efek samping yang tidak baik untuk ibu hamil. Oleh karena itu, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai pengobatan alami menggunakan daun kelor. 

5. Kunyit

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan kunyit. Ya, temulawak sering digunakan sebagai bahan nasi kuning, lontong, soto, dan pewarna makanan. Tapi tahukah Anda bahwa kunyit sangat baik untuk penderita diabetes tipe 2? Ya, kunyit yang mengandung antioksidan bisa menjadi obat yang efektif untuk diabetes tipe 2.

Meraciknya juga tidak sulit. Siapkan dan seduh 300 mg kunyit. Berdasarkan sebuah studi oleh jurnal Diabetes Care, konsumsi 9 bulan dapat mencegah perkembangan diabetes tipe 2 dan komplikasi diabetes. Lakukan dan konsultasikan dengan dokter terbaik! 

6. Gaya Hidup

Daftar terakhir memiliki cara yang sama sekali berbeda dari daftar sebelumnya, yaitu memandu gaya hidup sehat! Ya, kali ini adalah tip gaya hidup sehat, terutama bagi penderita diabetes. Ada tips? Yang pertama adalah sering minum air untuk membantu tubuh mengeluarkan kelebihan glukosa dari urin. Selain itu, ada baiknya Anda melakukan olahraga ringan namun teratur di rumah, baik melalui jogging atau olahraga aerobik. 

Perlu Anda ketahui bahwa pengobatan dan terapi herbal alami tidak selalu memberikan manfaat yang sama bagi setiap orang. Beberapa orang bahkan mengalami efek samping yang tidak diinginkan dari alergi, kehamilan, overdosis, atau kombinasi dengan obat lain. Oleh karena itu, jangan mengonsumsi ramuan di atas secara bersamaan. Tetap saja, bicarakan dengan dokter Anda dan periksa gula darah Anda secara teratur untuk melihat apakah ramuan Anda bekerja dengan baik.*

PeluangSukses.Com

5 Rekomendasi Private Pool Villa di Sekitar Purwokerto Tarif Mulai dari Perjam Hingga Perhari

6 Korean Movies With Historical Themes Insert Uncensored Sex Scenes

8 Situs Penyedia Iklan Crypto Selain Google Adsense Untuk Blog Publishers

10 AutoSurf Traffic Exchange Pertukaran Lalu Lintas Terbaik

Monetisasi Blog Dengan Iklan Native Ads 40 Terbaik Publishers Advertiser

Warung Makan Putri Gunung Baturaden ! Cerita Keluarga

10 Tempat Wisata Malam Purwokerto Bersama Pasangan atau Keluarga

Antara Prestasi Anies dan Prestasi Bank DKI

Kemenangan dan Kekalahan Politik Identitas di 2017 DKI Jakarta

5 Cara Tetap Sejuk di Cuaca Panas Tanpa AC Rumah

Support : Copyright © 2019. Peluang Sukses - Informasi Usaha, Bisnis dan Gaya Hidup - All Rights Reserved