Langsung ke konten utama

8 Adab berhubungan suami istri dalam Islam

8 Adab berhubungan suami istri dalam Islam
8 Adab berhubungan suami istri dalam Islam

PeluangSukses.Com Aktivitas seksual dalam pernikahan adalah bagian dari ibadah, namun ada adab yang harus dipatuhi. Sebagaimana dianjurkan oleh Islam, larangan yang ada juga harus diikuti dan tidak boleh dilanggar.

Adab saat melakukan hubungan suami istri inilah yang nantinya dapat membantu memberikan rasa nyaman dan ketentraman bagi kedua belah pihak suami dan istri. Amalkan baik-baik agar tidak melanggar aturan agama dan mematuhi etika.

1. Berhubungan intim harus diawali dengan doa 

Salah satunya etika seks yang beradab dalam islam yaitu Anda harus mulai berdoa terlebih dahulu. Pasangan harus mengucapkan doa ini sebelum berhubungan seks di tempat tidur.

Berikut ini adalah doa sebelum berhubungan seks.

“Bismillah Allahumma jannibnaasy syaithoona wa jannibisy syaithoona maa rozaqtanaa.”

Artinya: 

Dengan (menyebut) nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari (gangguan) setan dan jauhkanlan setan dari rezeki (bayi) yang akan Engkau anugerahkan kepada kami.

2. Suami dan istri saling menggoda sebelum berhubungan seks

Menurut ajaran Adab Islam, suami istri tidak boleh terburu-buru berhubungan seks. Pertama-tama, perlu untuk memperkenalkan sentuhan lembut ke fisik pasangan.

Sentuhan-sentuhan itu dapat berupa ciuman, pelukan dan merangsang bagian sensitif tubuh pasangan Anda, memungkinkan dia untuk lebih bergairah.

Pengenalan ini bertujuan untuk menciptakan kenyamanan satu sama lain, bahkan untuk menggairahkan pasangan.

3. Ada doa yang dibaca saat mani keluar

Hubungan intim dengan pasangan selalu berujung untuk mencapai puncak kepuasannya. Namun, ada hal yang perlu diperhatikan saat suaminya mengeluarkan air mani.

Dalam ajaran Islam dijelaskan bahwa laki-laki diharapkan membaca doa pendek ketika mengeluarkan air mani. Doa ini bertujuan meminta keturunan dan bayi yang dianugerahkan oleh Allah swt untuk menjadi orang yang baik dan taat beragama.

Pada saat keluarnya mani, doa-doa berikut diucapkan.

“Allahummaj’alnuthfatna dzurriyyatan thayyibah”.

Artinya:

Ya Allah, jadikanlah nutfah (mani) kami ini menjadi keturunan yang baik.

4. Dilarang melakukan hubungan seks ketika istri sedang haid

Menstruasi atau haid adalah hal yang biasa dialami oleh semua wanita setiap bulannya. Perlu dipahami bahwa lebih baik tidak melakukan hubungan seks ketika seorang wanita sedang menstruasi. Jika dipaksa untuk melakukannya, dapat meningkatkan risiko terkena penyakit menular seksual.

Ajaran Islam melarang wanita berhubungan seks saat sedang menstruasi. Hal ini dapat kita lihat dalam salah satu ayat, yaitu QS. al-Baqarah: 222. 

“Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah: “Haid itu adalah suatu kotoran”. Oleh karena itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haid; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu.”

Jika seorang wanita sedang menstruasi, cobalah aktivitas seksual lainnya. Namun, pastikan aktivitas Anda mengikuti aturan yang mengikuti ajaran Islam.

5. Seks melalui anus dubur dilarang

Tidak hanya seks saat menstruasi saja yang dilarang, namun pasangan suami istri juga dilarang melakukan hubungan melalui anus, hal itu juga tidak dianjurkan bagi pasangan oleh kesehatan.

Surat Al-Baqarah ayat 223 menjelaskan bahwa suami diizinkan untuk aktivitas seksual tetapi harus sesuai dengan kaidah agama islam, dan itu tidak melalui dubur. 

"Istri-istrimu adalah ladang bagimu, maka datangilah ladangmu itu kapan saja dan dengan cara yang kamu sukai. Dan utamakanlah (yang baik) untuk dirimu. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa kamu (kelak) akan menemui-Nya. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang yang beriman."

Dapat diartikan sebagai mengizinkan seks vaginal. Vagina di sini identik dengan ladang yang bisa tumbuh subur saat disemai.

Ini adalah salah satu etika yang harus Anda pahami dan patuhi saat melakukan aktivitas seksual.

6. Selalu perhatikan kondisi pasangan Anda sebelum berhubungan seks.

Salah satu etika yang perlu diingat ketika mencoba berhubungan seks dengan pasangan adalah dengan melihat kondisinya. Hal ini menjadi pertimbangan individu sebelum memulai aktivitas seksual di tempat tidur.

Menurut ajaran Islam setiap pasangan harus memahami emosional pasangannya yaitu kondisi psikologis dan keadaan fisik sebelum berhubungan seks. Ini karena ketika pasangan diajak bercinta, mereka tidak selalu siap.

Dalam haditsnya, Rasulullah SAW juga mengingatkan pentingnya suami berbuat baik kepada istrinya. Dalam berhubungan seks, kedua belah pihak harus sama-sama nyaman dan tidak ada yang terbebani, jadi jangan memaksakan kehendak.

Rasulullah SAW mengingatkan, "Yang terbaik dari kamu adalah yang terbaik dalam memperlakukan istrinya. Dan aku adalah yang terbaik dari kamu semua untuk istri-istriku." (HR Ibnu Majah).

7. Dilarang berbicara dengan orang lain tentang masalah yang berhubungan dengan tempat tidur

Etika lain yang harus diperhatikan saat berhubungan seks dengan pasangan adalah tidak berbagi atau mengkorelasikan berbagai kasus seks ranjang anda kepada orang lain. Dilarang menceritakan adegan ranjang kepada siapa pun, termasuk anggota keluarga langsung, baik dari suami atau istri.

“Sesungguhnya termasuk manusia paling jelek kedudukannya di sisi Allah pada hari kiamat adalah laki-laki yang menggauli istrinya kemudian dia sebarkan rahasia ranjangnya.” (HR. Ibn Abi Syaibah 17559, Ahmad 11673, dan Muslim 1437).

8. Selalu menjaga kebersihan setelah berhubungan seks

Mandi junub menjadi kewajiban umat muslim sebagai adab terakhir yang perlu diperhatikan usai berhubungan seksual bersama pasangan. 

Mandi junub usai melakukan hubungan suami istri pun adalah kewajiban hal ini telah tercantum Alquran dalam surat An Nisa ayat 43. 

Yā ayyuhallażīna āmanụ lā taqrabuṣ-ṣalāta wa antum sukārā ḥattā ta'lamụ mā taqụlụna wa lā junuban illā 'ābirī sabīlin ḥattā tagtasilụ, wa ing kuntum marḍā au 'alā safarin au jā`a aḥadum mingkum minal-gā`iṭi au lāmastumun-nisā`a fa lam tajidụ mā`an fa tayammamụ ṣa'īdan ṭayyiban famsaḥụ biwujụhikum wa aidīkum, innallāha kāna 'afuwwan gafụrā

Artinya: 

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri mesjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekedar berlalu saja, hingga kamu mandi. Dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau datang dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan tanah yang baik (suci); sapulah mukamu dan tanganmu. Sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun."

Untuk mandi wajib, antara lain, langkah-langkah berikut harus diikuti:

  1. Cuci tangan dan cuci telapak tangan 3 kali . 
  2. Bersihkan alat kelamin dan cuci kotorannya dengan sabun dengan tangan kiri. 
  3. Lanjut wudhu seperti akan pergi sholat. 
  4. Siram kepala Anda tiga kali sampai air membasahi pangkal rambut seperti akan keramas. 
  5. Terakhir, bilas seluruh tubuh, sisi kanan dan ke sisi kiri. 

Setelah mandi wajib dijalankan insyaallah anda pasti bisa kembali pada kesucian dan kesakralan ibadah yaitu nikmat iman sekaligus nikmat islam.

Nah, itulah beberapa informasi tentang etika saat berhubungan seks dengan pasangan dalam ajaran Islam. Jika dilarang, lebih baik dihindari agar tidak melanggar aturan agama dan mematuhi adab yang berlaku.


PeluangSukses.Com

5 Rekomendasi Private Pool Villa di Sekitar Purwokerto Tarif Mulai dari Perjam Hingga Perhari

6 Korean Movies With Historical Themes Insert Uncensored Sex Scenes

Menghitung Keuntungan Budidaya Ikan Lele

5 Cara Tetap Sejuk di Cuaca Panas Tanpa AC Rumah

CARA BELI IKAN LELE DI PASAR PERIKANAN PURWONEGORO BANJARNEGARA

20 Kata Yang Orang Tua Harus Ucapkan Ke Anak Sedari Kecil

Cara Mengatasi Kutu Kebul Secara alami

NASIB MIRIS Sederet Artis Ini Bangkrut Seketika Salah Kelola Honor

5 Cara Ampuh Usir Semut di Toples Gula dan Makanan Manis Lainnya

Fakta Terkait Informasi Pendekar Anak UNICEF Penipuan dan Tips Agar Tidak Menjadi Korbannya

Support : Copyright © 2019. Informasi Usaha, Bisnis dan Gaya Hidup - All Rights Reserved