Langsung ke konten utama

5 Tips Tetap Sehat Saat Musim Hujan Ini Penting di Perhatikan

5 Tips Tetap Sehat Saat Musim Hujan Ini Penting di Perhatikan
Hujan

Apakah saat ini sedang hujan ditempatmu?. Tentu saja, hujan deras bahkan banjir sekalipun tidak akan menghalangi orang-orang mencari rejeki bukan? yaitu dengan cara tetap menjalankan aktivitas sehari-hari seperti berdagang, berangkat bekerja, kepasar tradisional untuk belanja kebutuhan harian, ada juga yang asyik nongkrong bareng teman-teman meskipun cuaca sedang hujan. 

Namun, perlu diingat bahwa jika Anda tidak memiliki keseimbangan yang sesuai dengan tubuh Anda, Anda berisiko lebih tinggi terinfeksi bakteri dan virus. Nah, itulah tujuh tips menjaga kesehatan saat musim hujan. Lihat daftar pertama di bawah ini! 

1. Konsumsi Vitamin

Daftar pertama adalah asupan vitamin secara teratur untuk menjaga kekebalan tubuh. Karena mengkonsumsi vitamin dapat memberikan manfaat dan nutrisi yang baik untuk tubuh manusia. Apakah Anda memiliki vitamin? 

Secara umum, ada enam jenis vitamin. Artinya, vitamin A memperkuat sistem kekebalan tubuh yang menyehatkan mata, tulang, kulit, dan tubuh. Selanjutnya, B1 untuk menjaga kesehatan otak, B3 untuk menjaga kesehatan sel darah, B6 untuk mengatur nafsu makan, B9 untuk mencegah cacat lahir pada ibu hamil, dan untuk meningkatkan pertumbuhan. Ada lima vitamin B yang dapat dibagi menjadi lima B12. 

Selain itu, ada vitamin C untuk menurunkan risiko kanker, vitamin D untuk menyerap kalsium, vitamin E untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dan vitamin K untuk kesehatan tulang. Namun, jangan overdosis vitamin karena dapat memiliki efek samping pada kesehatan manusia. 

Jika Anda mengonsumsi suplemen vitamin, bicarakan dengan dokter Anda tentang asupan suplemen makanan yang direkomendasikan, efek samping, obat-obatan, makanan, dan interaksi suplemen makanan lainnya untuk membantu mengatasi kelebihan vitamin yang dapat mengganggu metabolisme tubuh Anda. Anda harus bebas dari penyakit dan hipervitaminosis. Ini beracun bagi jaringan manusia.

Untuk konsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin, dianjurkan 400 gram per hari. Sudah makan sayur dan buah hari ini? Tentu saja,

2. Olah Raga

Tips ampuh berikutnya adalah olahraga teratur agar Anda tetap sehat saat musim hujan. Dapat meningkatkan sensitivitas insulin, menurunkan kadar lipid darah dan tekanan darah, serta meningkatkan kebugaran fisik.

Tapi tentu saja, Anda harus memperhatikan rencana pelatihan Anda. Jangan berolahraga sekali atau untuk waktu yang singkat. Setelah itu, jangan berolahraga sama sekali selama beberapa bulan. Faktanya, ada peningkatan lemak perut yang signifikan, meningkatkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan penyakit berbahaya lainnya. Oleh karena itu, kami merekomendasikan latihan rutin selama 30 menit, 3 kali seminggu, 1 jam, atau 5 kali seminggu. Olahraga yang dapat Anda lakukan adalah dengan intensitas ringan hingga sedang seperti senam, jogging, berenang, dan bersepeda. Jangan berolahraga secara berlebihan setiap hari karena dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti melemahnya kekebalan tubuh, gangguan tidur, dan penyakit jantung. Jadi jangan lupa untuk berolahraga secara teratur! 

3. Pola Makan dan Gizi Seimbang

Ketiga, tip yang kurang penting adalah makan makanan yang seimbang. Hal ini sangat penting untuk memaksimalkan nutrisi bagi tubuh. Selain vitamin dari tip pertama, ada nutrisi lain yang baik untuk tubuh, seperti protein dari telur, asam lemak omega-3 dari ikan salmon, karbohidrat kompleks dari beras merah, dan serat dari buah pir.

Perhatikan bahwa hanya beberapa contoh makanan yang mengandung nutrisi di atas yang ditampilkan. Ada banyak jenis makanan lain yang mengandung nutrisi ini selain yang telah kami sebutkan! Selain itu, rekomendasi nutrisi harian dari berbagai ahli gizi untuk orang dewasa adalah protein 46 gram, omega-3 55 gram, karbohidrat kompleks sekitar 300 gram, dan serat 30 gram. Namun, jumlah ini dapat bervariasi tergantung pada usia dan jenis kelamin.

4. Minimalisr Bepergian

Jika ingin jalan-jalan di waktu senggangnya, ada baiknya menguranginya. Hal ini karena mengurangi risiko kehilangan daya tahan tubuh akibat kelelahan, terutama saat hujan. Pasalnya, hujan dapat menyebabkan tubuh menggunakan energi berlebih akibat dingin atau perubahan suhu tubuh yang tiba-tiba. Covid19 rentan terhadap berbagai penyakit seperti influenza, diare, dan gatal-gatal.

Jika memang harus keluar rumah, ada baiknya memakai sepatu, baju hangat dan 3M. Yaitu, gunakan masker, cuci tangan, jaga jarak, dan hindari semua bakteri dan virus, termasuk Covid19. 

5. Mandi Secara Teratur dan Bersihkan Rumah

Ternyata rutinitas mandi setiap hari bisa mendatangkan banyak manfaat. Dari mana? Ya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mandi pagi dengan air bersuhu dingin atau sedang dapat meningkatkan sirkulasi darah. Untuk membuat tubuh Anda lebih sehat dan lebih cocok untuk kehidupan sehari-hari Anda.

Selain mandi pagi, membersihkan tubuh setelah bepergian dapat membunuh bakteri dan virus yang menempel di tubuh serta mengurangi risiko terkena penyakit musim hujan, termasuk Covid19.

6. Istirahat dan Tidur Secukupnya

Tips terakhir, dan yang paling mudah, adalah istirahat yang cukup. Meski paling mudah, mereka sering begadang, karena masih banyak yang menganggapnya remeh. Padahal, melakukan hal tersebut akan membawa banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menurut rekomendasi medis, orang dewasa membutuhkan 7-9 jam istirahat seperti tidur. Karena itu, jika Anda tidur kurang dari 7 jam, Anda perlu mengubah kebiasaan ini. Tapi bagaimana jika hal-hal penting seperti pekerjaan atau perawatan bayi memaksa kita untuk tidur kurang dari 7 jam semalam? Jika ya, Anda bisa mencicil waktu tidur Anda di siang hari. Jadi jika Anda hanya bisa tidur 4 jam semalam, Anda bisa tidur minimal 3 jam.*sukses.

PeluangSukses.Com

5 Rekomendasi Private Pool Villa di Sekitar Purwokerto Tarif Mulai dari Perjam Hingga Perhari

6 Korean Movies With Historical Themes Insert Uncensored Sex Scenes

8 Situs Penyedia Iklan Crypto Selain Google Adsense Untuk Blog Publishers

10 AutoSurf Traffic Exchange Pertukaran Lalu Lintas Terbaik

Monetisasi Blog Dengan Iklan Native Ads 40 Terbaik Publishers Advertiser

Warung Makan Putri Gunung Baturaden ! Cerita Keluarga

10 Tempat Wisata Malam Purwokerto Bersama Pasangan atau Keluarga

Antara Prestasi Anies dan Prestasi Bank DKI

Kemenangan dan Kekalahan Politik Identitas di 2017 DKI Jakarta

5 Cara Tetap Sejuk di Cuaca Panas Tanpa AC Rumah

Support : Copyright © 2019. Peluang Sukses - Informasi Usaha, Bisnis dan Gaya Hidup - All Rights Reserved