Langsung ke konten utama

Cara Menulis Membuat Artikel Berita Dengan Judul yang Menarik

Cara Menulis Membuat Artikel Berita Judul yang Menarik
Cara Menulis Membuat Artikel Berita Judul yang Menarik

Artikel dirancang untuk menghubungkan informasi ataupun berita kepada pembaca. Sedangkan Artikel berita sendiri ditulis untuk memberi tahu pembaca informasi yang akurat dan faktual, hal ini bertujuan untuk menyajikan informasi dalam bentuk yang cepat dan mudah dicerna. Unsur-unsur berikut dalam menulis artikel surat kabar penting, jadi perhatikan baik-baik.

PENELITIAN DAN PENGUMPULAN FAKTA

Pertama sekali dalam menulis artikel surat kabar mustilah faktual. Kamu tidak ingin membuat asumsi atau mengarang informasi. Sebelum kamu dapat menulis artikel, sebaiknya harus memiliki sebanyak mungkin fakta yang dapat Anda kumpulkan. 


Namun, dalam penulisan artikel berita, kamu bisa memberikan informasi kunci di depan dan mulai dengan 6 pertanyaan yang seharusnya sudah kamu temukan dalam penelitianmu: Berikut adalah beberapa fakta yang perlu kamu ketahui:

  • Apa? Peristiwa khusus yang terjadi.
  • Siapa? Orang-orang yang terlibat.
  • Di mana? Tempat.
  • Kapan? Tanggal dan waktu.
  • Mengapa? Alasan diadakannya acara.
  • Bagaimana? Menghubungkan fakta.

Anda juga perlu mengumpulkan detail sebanyak mungkin. Ini akan melibatkan:

  1. Mewawancarai orang-orang yang terkait dengan cerita.
  2. Mengumpulkan kutipan dari orang-orang (tepatnya jangan pernah memparafrasekan apa yang mereka katakan). Kutip nama, kecuali jika mereka secara khusus meminta untuk tetap anonim.
  3. Menyelesaikan fakta yang bertentangan dari individu.
  4. Meneliti informasi publik (selalu kutip sumber Anda, jadi tuliskan).
  5. Setelah Anda memiliki semua fakta Anda, Anda dapat mulai menulis artikel Anda.

JUDUL YANG MENARIK

Untuk artikel berita, di sinilah Anda memiliki sebagian besar kreativitas Anda. Judul harus menarik perhatian pembaca. Itu harus menarik, membangkitkan emosi, atau menciptakan rasa ingin tahu. Jadilah kreatif dengan itu. Dalam banyak kasus, Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk mencoba membuat judul yang sempurna daripada yang Anda lakukan dalam tulisan yang sebenarnya.

Cara menulis headline yang menarik

Saya terkadang mempertimbangkan judul selama 30–60 menit sebelum memutuskan yang berhasil. Dan saya sering kembali dan mengubahnya. Inilah yang diperlukan untuk menulis judul yang baik.

Jika Anda memerlukan bantuan untuk membuat judul yang lebih menarik, berikut adalah beberapa trik sederhana:

1. Gunakan angka konkret

Ada alasan mengapa begitu banyak copywriter menggunakan angka dalam headline mereka. Berhasil.

Lakukan percobaan: Pergi ke toko kelontong, dan pindai majalah di jalur pembayaran. Lihatlah judul artikel halaman depan. Tidak masalah apakah itu majalah kebugaran atau tabloid; banyak dari mereka akan menggunakan angka untuk memulai judul.

Sebenarnya tidak ada aturan (sejauh yang saya tahu) mengenai angka mana yang paling berhasil, tetapi orang biasanya hanya mengingat tiga hingga lima poin. Konon, terkadang angka yang sangat tidak jelas seperti 19 atau 37 dapat menarik perhatian orang.

Peringatan: jangan terlalu sering menggunakan angka atau menggunakannya secara sewenang-wenang. Jika artikel Anda jelas memiliki beberapa kesimpulan penting, menambahkan nomor ke judul dapat membantu membuat kesimpulan lebih mudah dicerna. Tapi jika artikelnya tidak terlalu banyak data atau informasi yang disajikan maka jangan dipaksakan.

2. Gunakan kata sifat emosional

Berikut beberapa contohnya:

  • Mudah
  • Telaten
  • Seru
  • Gratis
  • Menakjubkan
  • Penting
  • Mutlak
  • Aneh

3. Apa yang akan pembaca dapatkan dari artikel

Jika Anda akan melakukan posting daftar, jadilah orisinal. Misalnya pertimbangkan hal berikut:

  • Alasan
  • Prinsip
  • Fakta
  • Pelajaran
  • Ide ide
  • cara
  • Rahasia
  • Trik

4. Gunakan apa , mengapa , bagaimana , atau kapan

Ini adalah kata-kata pemicu. Saya biasanya paling sering menggunakan "mengapa" dan "bagaimana", karena saya sering mencoba membujuk atau memungkinkan seseorang. Biasanya, Anda akan menggunakan kata pemicu atau angka. Jarang terdengar bagus untuk melakukan keduanya.

5. Janjikan sesuatu yang berharga kepada pembaca Anda.

Janjikan sesuatu yang berharga kepada pembaca Anda. Maukah Anda mengajarinya cara mempelajari keterampilan baru? Maukah Anda membujuknya untuk melakukan sesuatu yang belum pernah dia lakukan sebelumnya? Apakah Anda akan membuka misteri kuno?

Yang ingin Anda lakukan adalah menantang pembaca Anda untuk membaca artikel tersebut. Tanpa terlalu menjanjikan, beranilah . Bersikaplah menggoda (dengan cara yang paling tidak berbahaya, tentu saja). dan kemudian memberikan apa yang Anda janjikan.

Coba rumus ini

Berikut adalah rumus penulisan judul sederhana:

Angka atau Kata Pemicu + Kata Sifat + Kata Kunci + Janji

Contoh: Ambil subjek “memandikan gajah”. Anda bisa menulis artikel berjudul, “Cara Memandikan Gajah” atau “Mengapa Saya Suka Memandikan Gajah”.

Atau Anda bisa menerapkan rumus ini dan membuatnya: “18 Cara Luar Biasa Anda Dapat Memandikan Gajah Di Dalam Ruangan”

Contoh lain (lebih serius): Ambil janji berani seperti “menjual rumah Anda dalam sehari.”
Terapkan rumusnya dan Anda mendapatkan: “Bagaimana Anda Dapat Menjual Rumah Anda dengan Mudah dalam Waktu Kurang dari 24 Jam”

BADAN ARTIKEL

Artikel berita utama sendiri ditulis dari bawah ke bawah. Dengan kata lain, informasi yang paling penting didahulukan dan setiap paragraf semakin sedikit memberikan detail. Sedangkan novel, misalnya, memulai Anda dengan sedikit informasi dan Anda harus membaca sampai akhir untuk mendapatkan semuanya.

Dua paragraf pertama Anda harus menjawab semua pertanyaan ini. Sebagai contoh:

Tim sepak bola Varsity mengalahkan Smith High School 21-7 Sabtu lalu dan melakukan pertandingan ulang untuk mengkonfirmasi prediksi kemenangan John dalam reli Jumat. Kemenangan kandang pertama musim ini di Jane de Court kami sendiri merupakan dorongan bagi semua siswa. Quarterback Joe Baker menyelesaikan 18 dari 24 operan untuk memperkuat kemenangannya. 

Ini adalah contoh sederhana, tetapi hampir semua pertanyaan sebenarnya dijawab dalam dua kalimat pertama. Dari sini, Anda dapat menambahkan detail lain

Pada titik tertentu, sertakan kutipan dari orang-orang seperti pelatih, quarterback, penerima, penggemar stand, dan mungkin prinsipal. Kutipan tidak boleh terlalu banyak, tetapi penting untuk memiliki dua atau tiga. Ketika Anda mencapai akhir artikel, perluas apa yang sudah Anda ketahui dari dua paragraf pertama yang Anda tulis. Jangan memperpanjang paragraf dengan beberapa kalimat. Jumlah kata Anda umumnya harus tetap di bawah sekitar 500 kata. 

LIHAT APA YANG DILAKUKAN PARA JURNALIS SENIOR DALAM MENULIS

Kamu bisa mengumpulkan beberapa contoh dari apa yang dilakukan jurnalis lain dengan surat kabar mereka. Lihatlah cara jurnalis menyusun alur artikel dan dapatkan inspirasi dan temukan ide.

sumber dan referensi : 1, 2

PeluangSukses.Com

5 Rekomendasi Private Pool Villa di Sekitar Purwokerto Tarif Mulai dari Perjam Hingga Perhari

6 Korean Movies With Historical Themes Insert Uncensored Sex Scenes

8 Situs Penyedia Iklan Crypto Selain Google Adsense Untuk Blog Publishers

10 AutoSurf Traffic Exchange Pertukaran Lalu Lintas Terbaik

Monetisasi Blog Dengan Iklan Native Ads 40 Terbaik Publishers Advertiser

Warung Makan Putri Gunung Baturaden ! Cerita Keluarga

10 Tempat Wisata Malam Purwokerto Bersama Pasangan atau Keluarga

Antara Prestasi Anies dan Prestasi Bank DKI

Kemenangan dan Kekalahan Politik Identitas di 2017 DKI Jakarta

5 Cara Tetap Sejuk di Cuaca Panas Tanpa AC Rumah

Support : Copyright © 2019. Peluang Sukses - Informasi Usaha, Bisnis dan Gaya Hidup - All Rights Reserved